Tugas Softskill :: Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN

 

Perilaku konsumen yang diamati bedasarkan dari perilaku pembelian konsumen merupakan salah satu tahap dari proses pembuatan/pengambilan keputusan konsumen (Consumen Decision Making). Proses pengambilan keputusan konsumen meliputi serangkaian kegitan mulai dari identifikasi kebutuhan. Yaitu :

B. PENGENALAN KEBUTUHAN

Proses membeli berawali dari adanya suatu kebutuhan. Kebutuhan yang timbul karena adanya perbedaan antara keadaan yang sesungguhnya dengan keadaan yang diinginkan. Kebutuhan adalah kekuatan salah satu bagian dari otak untuk mengatur dan mangarahkan perilaku, akal dan tubuh agar dapat mempertahankan keadaan terbaik organisme itu. Pengenalan kebutuhan pada dasarnya tergantung pada banyaknya ketidaksesuain antara keadaan aktual dengan keadaan yang diinginkan. Jka ketidaksesuaian melebihi tingkat atau ambang tertentu kebutuhanpun akan dikenali.

 

Lingkup keputusan pembelian yang harus diketahui pemasar :

Keputusan tentang kategori produk

  • Memahami lingkup persaingan produk
  • Trend terhadap permintaan

Keputusan tentang merek produk

  • Memahami kelemahan dan kekuatan produk sendiri dengan pesaing
  • Memikirkan produk baru untuk memenuhi permintaan yang belum terpenuhi

Keputusan tentang sumber informasi

  • Mengerti tentang dasar pembelian konsumen
  • Dapat menyusun pesan untuk pasar target yang dilayani

Tiga tipe Perilaku Pembelian

Atas Situasi yang dihadapi Konsumen :

  • Keputusan pembelian terpadu
  • Kebiasaan
  • Pembelian yang tidak banyak pemikiran

Perilaku konsumen individual

  • Pengambilan keputusan yag kompleks
  • Loyalitas merek (brand loyalty)
  • Pembelian tiba-tiba (impulse purchasing)
  • Inertia (yang penting memuaskan kebutuhan)

Perilaku konsumen Organisasional

Tipe Keputusan :

  • Pembelian hanya sekali (New task decision)
  • Keputusan yang dilakukan secara berulang (straight rebuy) biasanya berupa habitual purchase

Studi tentang keputusan pembelian, menentukan :

  • Segmentasi Pasar
  • Pengembangan Produk
  • Penempatan produk dalam persaingan (product positioning)
  • Pengiklan
  • Distribusi
  • Harga

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s