aKtiVa

Pengertian Aktiva

Dalam pengertian aktiva tidak terbatas pada kekayaan perusahaan yang berwujud saja, tetapi juga termasuk pengeluaran-pengeluaran yang belum dialokasikan (deffered charges) atau biaya-yang masih harus dialokasikan pada penghasilan yang akan datang, serta aktiva yang tidak berwujud lainnya (intangible assets misalnya goodwill, hak paten, hak penerbitan dan sebagainya.

Pada dasarnya Aktiva diklasifikasakan menjadi dua bagian utama yaitu Aktiva lancar dan Aktiva tidak lancar.

1 Aktiva lancar

Aktiva lancar adalah uang kas dan aktiva lainnya yang dapat diharapkan untuk dicairkan atau ditukarkan menjadi uang tunai, atau dijual dalam periode berikutnya.

Yang termasuk kelompok aktiva lancar (likwid) adalah :

  1. Kas, atau uang tunai yang dapat digunakan untuk membiayai operasi perusahaan.
  2. Investasi jangka pendek (surat-surat berharga), adalah investasi yang sifatnya sementara (jangka pendek) untuk memamfaatkan uang kas yang sementara belum dibutuhkan dalam perusahaan.

Yang termasuk Investasi jangka pendek adalah :

    • Deposito di bank
    • Surat-surat berharga yang berwujud,misalnya saham,obligasi (pinjaman) dan surat hipotek, sertifikat bank dll.
  1. Piutang Wesel, adalah tagihan perusahaan kepada pihak lain yang dinyatakan dalam suatu wesel atau perjanjian yang diatur dalam Undang-Undang.
  2. Piutang Dagang, adalah tagihan kepada pihak lain (kepada kreditor atau langganan) sebagai akibat dari adanya penjualan barang dagangan secara kredit.
  3. Persediaan adalah semua barang-barang yang diperdagangkan yang sampai tanggal neraca masih digudang /belum laku dijual.
  4. Piutang penghasilan atau penghasilan yang masih harus diterima adalah penghasilan yang sudah menjadi hak perusahaan karena perusahaan telah memberikan jasa/prestasinya,tetapi belum diterima pembayarannya, sehingga merupakan tagihan.
  5. Persekot atau Biaya yang harus Dibayar Dimuka, adalah pengeluaran untuk memperoleh jasa/prestasi dari pihak lain, tetapi pengeluaran itu belum menjadi biaya atau jasa /prestasi pihak lain itu belum dinikmati oleh perusahaan pada periode ini melainkan pada periode berikutnya.

2. Aktiva tidak lancar

Aktiva tidak lancar adalah aktiva yang mempunyai umur kegunaan relatif jangka panjang (mempunyai umur ekonomis lebih dari 1 tahun / tidak akan habis dalam satu kali perputaran operasi perusahaan).

Yang termasuk aktiva tidak lancar adalah :

  1. Investasi Jangka Panjang ,mempunyai kekayaan atau modal yang cukup atau sering melebihi dari yang dibutuhkan ,maka perusahaan ini dapat menanamkan modalnya dalam investasi jangka panjang diluar usaha pokoknya.
  2. Aktiva Tetap, adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan yang fisiknya nampak (konkrit).

Yang termasuk dalam kelompok Aktiva Tetap adalah :

  • Tanah yang diatasnya didirikan Bangunan / digunakan operasi
  • Mesin
  • Kendaraan dan perlengkapan atau alat-alat lainnya.
  1. Aktiva Tetap Tidak Berwujud, adalah kekayaan perusahaan yang secara fisik tidak tampak, tetapi merupakan suatu hak yang mempunyai nilai dan dimiliki oleh perusahaan untuk digunakan dalam kegiatan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s